Rabu, 05 Oktober 2011

Asal Usul Manusia Menurut Para Ahli




Selama ini telah terjadi perbincangan hangat tentang bagaimana Asal Usul Manusia sesungguhnya. Melalui Blog ini saya mencoba untuk mengungkap dan mengambil hal-hal penting dari beberapa sumber yang bisa dipercaya, seperti melalui buku, artikel, searching melalui internet dan lainnya. Berikut pengulasannya:

1.     Asal Usul Manusia Menurut Teori Darwin.
Ahli zoologi yang bernama lengkap Charles Robert Darwin (1809-1882) dalam bukunya yang berjudul “The Origin of Species” mengatakan : "Suatu benda (bahan) mengalami perubahan dari yang tidak sempurna menuju kepada kesempurnaan".
Kemudian ia memperluas teorinya ini hingga sampai kepada asal-usul manusia. Menurutnya manusia sekarang ini adalah hasil yang paling sempurna dari perkembangan tersebut secara teratur oleh hukum-hukum mekanik seperti halnya tumbuhan dan hewan. Kemudian lahirlah suatu ajaran (pengertian) bahwa manusia berasal dari perkembangan makhluk sejenis kera yang sederhana kemudian berkembang menjadi hewan kera tingkat tinggi sampai akhirnya menjadi manusia.
Makhluk tertua yang ditemukan dengan bentuk mirip manusia adalah Australopithecus yang diperkirakan umurnya antara 350.000 - 1.000.000 tahun dengan ukuran otak sekitar 450 - 1450 cm3. Perkembangan dengan perubahan volume otak ini besar pengaruhnya bagi kecerdasan otak manusia. Australopithecus yang mempunyai volume otak rata-rata 450 cm3 berevolusi menjadi manusia kera (Neandertal) yang mempunyai volume otak 1450 cm3. Dari penelitian ini diperkirakan dalam waktu antara 400.000-500.000 tahun volume otak itu bertambah 1000 cm3. Tetapi anehnya perkembangan dari Neandertal ke manusia modern sekarang ini selama ± 100.000 tahun volume otaknya tidak berkembang. Teori ini tidak mengemukakan alasannya. Hal ini diantaranya merupakan kelemahan teori yang dikemukakan oleh Darwin. Tidak ada titik temu antara teori yang ada dengan kenyataan.

2.     Asal Usul Manusia Menurut Teori Evolusi.
Pada tahun 1994 University of Californa telah melakukan prestasi yang luar biasa disepanjang penelitian manusia, yaitu dengan ditemukannya fosil dengan berat 55 kg dan tinggi 1,2 meter yang diberi nama ilmiah Ardipithecus ramidius (akar dari tanah kera). Ia diperkirakan hidup 4,4 juta tahun yang lalu. Ardi memiliki ciri berbeda dengan Lucy yang juga ditemukan di Afrika. Ia tidak seperti Lucy yang mempunyai bentuk yang lebih dengan manusia seperti jenis Australopithecus. Makhluk ini hidup di dalam hutan sekitar satu juta tahun yang lalu sebelum “Lucy”, manusia purba yang selama ini dikenal sebagai nenek moyang pertama manusia. Penemuan Ardi lebih menguatkan pendapat bahwa simpanse dan manusia berevolusi dari nenek moyang yang sama. Tapi sepanjang perjalanannya, masing-masing berubah dan berevolusi secara terpisah.
Ardi memiliki ciri-ciri umum yang tidak ada pada kera Afrika modern. Penelitian terhadap Ardi dimulai sejak tulang pertama ditemukan pada tahun 1994, yang mengindikasikan bahwa spesies ini hidup di dalam hutan dan dapat memanjat dengan tangan dan kakinya. Tetapi, dari bentuk tangan dan kaki tersebut memperkirakan jika mereka tidak begitu sering berada di pohon. Mereka juga dapat berdiri tegak dengan kedua kakinya.
3.     Asal Usul Manusia Menurut Teori Islam (Al-Qur’an).
Dalam Al Qur’an dijelaskan secara rinci bagaimana proses terbentuknya manusia. Berikut firman Allah dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan asal usul manusia:
"Yang membuat sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah". (QS. As Sajdah (32) : 7)
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk". (QS. Al Hijr (15) : 26)

Setelah diciptakannya Adam, kemudian Allah menciptakan pasangan hidupnya yaitu Siti Hawa sebagai isterinya untuk kemudian berkembang menjadi manusia keturunan Adam dan Hawa kecuali Nabi Isa as. Di dalam Al Qur’an proses kejadian manusia secara biologis dejelaskan secara terperinci melalui firman-Nya:
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun (23) : 12-14).

Kemudian dalam salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda :
"Telah bersabda Rasulullah SAW dan dialah yang benar dan dibenarkan. Sesungguhnya seorang diantara kamu dikumpulkannya pembentukannya (kejadiannya) dalam rahim ibunya (embrio) selama empat puluh hari. Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan segumpal darah. Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan sepotong daging. Kemudian diutuslah beberapa malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya (untuk menuliskan/menetapkan) empat kalimat (macam) : rezekinya, ajal (umurnya), amalnya, dan buruk baik (nasibnya)." (HR. Bukhari-Muslim)

Kesimpulan:
Sampai sekarang belum ada pengetahuan ilmiah yang bisa menjelaskan bagaimana asal usul manusia sebenarnya. Memang hal ini masih menjadi topik yang sangat hangat diperbincangkan, tapi baik Charles Robert Darwin maupun ilmuan lainnya pada akhirnya sama-sama bingung dengan apa yang mereka teliti karena penelitian mereka berakhir pada jalan buntu. Diantara teori diatas, yang paling masuk diakal adalah Teori Islam yang diambil sumbernya dari Al-Qur’an, karena dijelaskan prosesnya mulai dari manusia pertama (Adam) sampai proses terjadinya keturunan Adam dan Hawa.

Sumber : Al-Qur’an, Washington, Kompas



10 komentar:

  1. Charles Robert Darwin maupun ilmuan lainnya pada akhirnya sama-sama bingung dengan apa yang mereka teliti karena penelitian mereka berakhir pada jalan buntu.

    Bagaimana anda tau bahwa mereka bingung.???

    BalasHapus
  2. Charles Darwin menyatakan asal usul manusia Dari monyet Lalu ia bingung dengan asal usul monyet

    BalasHapus
  3. Saya setuju manusia itu berasal dari teori Al Quran, karena Al Quran adalah kitab umat islam yang sudah pasti isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejadian adam dan hawa ada benarnya kerana tuhan berkuasa segala galanya tetapi dari segi perkembangan manusia yang semuanya berasal dari adam dan hawa bagi saya seperti menghina fitrah kehormatan manusia yg lahir daripada pernikahan sedarah seumpama manusia ini haiwan seperti juga teori asal manusia daripada haiwan

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. janngan disatuin sama agama kalau teori ilmiah walaupun benar tapikan masi di cari tau jangan

    BalasHapus
  6. benar dan salahnya kita g tau kenapa agama ad kan agama juga g tau siapa yg ngatakan bahwa agama itu ada misteri manusia

    BalasHapus
  7. Knapa masi ada kera (?), harusnya udh gk ada kera karena ud berevolusi menjadi manusia :v

    BalasHapus